Artikel

PENGENALAN POTENSI DAN DESA DENGAN WEB DESA SID “Desa digital 4.0”'

13 September 2021 18:13:27    46 Kali Dibaca 

Desa adalah sebuah perwujudan geografis (wilayah) yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografis sosial, ekonomi, politik, dan kultural dalam hubungan dan pengaruh timbal baliknya dengan daerah-daerah lain di sekitarnya

            Dengan keunikan setiap desa di indonesia terutama Desa Malasari Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung, yang menyimpan berbagai potensi, adat, budaya, dengan keunikan Desa Malasari maka harus dikenal oleh masyarakat luas terkait potensi potensi di Desa Malasari tersebut.

Upaya Pengenalan Potensi Desa di setiap desa maka di buatlah Web Desa SID yang di buat oleh DINAS KOMUNIKASI dan INFORMASI Kabupaten bandung, denga dibuatnya Web Desa SID dapat mempermudah pengenalan potensi setiap Desa terutama Desa Malasari.

Di era digitalisasi 4.0 terbentuknya Web Desa SID ini memberikan kemudahan dalam pengenalan potensi potensi di desa dan dapat dikenal secara lebih cepat dan mudah.

WEB DESA SID/OPENSID

  1. Pengertian Open SID/ Web Desa

OpenSID adalah aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang dikembangkan sejak Mei 2016. OpenSID dirancang dan dikelola supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di https://github.com/OpenSID/opensid.

  1. Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID)

adalah sistem olah data dan informasi berbasis komputer yang dapat dikelola oleh pemerintah dan komunitas desa dalam dua ranah:

  1. Offline

Aplikasi diinstall dalam komputer server di kantor desa dan dioperasikan sebagai server (pusat data) yang bersifat lokal. Karena tidak terhubung ke internet, SID offline hanya bisa diakses dalam jaringan lokal. Sistem offline ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam penggunaan aplikasi SID harian. Database dari hasil proses olah data secara offline itu dapat diunggah ke sistem online secara berkala.

  1. Online

SID akan optimal jika terhubung ke internet sebagai sistem online berbasis web. SID online akan otomatis berfungsi juga sebagai website desa. Website desa ini memiliki fungsi yang terbagi dalam dua bagian, yakni bagian depan yang bisa diakses oleh publik dan bagian dalam yang hanya bisa diakses oleh administrator sistem.

  1. Manajemen Akses SID

Aplikasi SID dirancang untuk mengelola data dasar desa dan informasi desa. Data dasar yang dikelola meliputi data dasar kependudukan dan data dasar aset/sumber daya desa. Data dasar ini menjadi tanggung jawab pemerintah desa dalam pengelolaannya. Hanya pengguna (user) dari pemerintah desa dan tim yang dikoordinasikan oleh pemerintah desa saja yang akan memiliki kewenangan dan hak akses ke dalam sistem. Sementara, user di luar pemerintah desa hanya akan memiliki akses terbatas pada fungsi olah informasi untuk website desa.

Dengan adanya web Desa dapat mempermudah pengenalan dan pelayanan publik secara mudah dan cepat untuk masyarakat luas.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Sinergi Program

kecamatancimaung prodeskel jabarprov

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Agenda

Belum ada agenda

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jln. Cangkuang-Cikalong KM 4,5 Kp.Ciseupan RT 01 RW 04
Desa : Malasari
Kecamatan : Cimaung
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40374
Telepon : 0
Email : malasaridesa@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:7
    Kemarin:169
    Total Pengunjung:292.987
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.213.60.33
    Browser:Tidak ditemukan